Download GDC via Google Play Download GDC via App Store
Awesome Update Info

5 Langkah Mengatur Uang Bulanan dengan Gaji 2 Juta Rupiah

Jan 26, 2017 | Awesome

"Kenapa kebutuhan hidupku tidak terpenuhi? Padahal aku bekerja". Mungkin pertanyaan seperti itu yang sering kita dengar dari orang-orang yang sudah bekerja, namun merasa gaji yang didapat tidak sebanding dengan biaya hidupnya. Seringkali malah menyalahkan gaji yang cuma sedikit. Kita lupa bahwa banyak faktor yang bisa mempengaruhi biaya hidup, apalagi dengan gaya hidup yang lumayan mewah. So, kita harus bijak mengatur keuangan untuk kebutuhan sehari-hari selama satu bulan. 

Berikut ini tips bagaimana mengatur uang bulanan dengan gaji 2 juta rupiah.

1. Mengatur Uang Bulanan dengan Zakat atau Amal Sekitar 5%

Zakat merupakan kewajiban yang harus dilakukan sebagai wujud syukur kita terhadap apa yang sudah kita dapatkan, seperti pekerjaan dan gaji yang cukup. Dengan berzakat tidak akan mengurangi rezeki kita, justru akan melancarkan rezeki kita.

2. Mengatur Uang Bulanan dengan Menabung 30%

Setiap menerima gaji kita harus menyisihkan 30% atau sekitar 600 ribu untuk tabungan, bisa untuk tabungan masa depan atau untuk keperluan mendadak di kemudian hari. Ini juga bertujuan untuk melatih kamu untuk bisa lebih hemat dan menghargai hasil jerih payah kamu selama bekerja.

3. Mengatur Uang Bulanan dengan Menetapkan Pengeluaran Rutin Bulanan Sebesar 40%

Sisihkan uang gaji kamu untuk keperluan rutin selama satu bulan sekitar 40%. Jika gaji kamu sebesar 2 juta, maka uang yang harus kamu sisihkan sebesar 800 ribu. Uang ini sudah termasuk uang makan, sewa kost, transport, biaya listrik, dll.

4. Mengatur Uang Bulanan dengan Menyisihkan 20% untuk Rekreasi atau Hiburan

Kita pastinya butuh refreshing karena pengaruh pekerjaan yang semakin banyak. Untuk itu sisihkan uang sebesar 20% atau sekitar 400 ribu untuk keperluan hiburan ataupun liburan. Selain itu, kamu harus komitmen dan tidak boleh mengeluarkan uang lebih dari 20% untuk keperluan tersebut.

5. Mengatur Uang Bulanan dengan Menyiapkan Uang untuk Berjaga-jaga

Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi dengan kita nantinya, bisa saja ban motor kita bocor, butuh uang parkir, dsb. Lebih baik pisahkan uang kita untuk berjaga-jaga apabila kita mengalami hal serupa, dengan itu kita tidak memakai uang tabungan atau uang liburan. Tidak usah banyak-banyak, secukupnya saja.

Bagaimana pendapatmu tentang tips mengatur uang bulanan dengan gaji 2 juta di atas? Jika kamu mempunyai perencanaan keuangan yang lebih baik dari tips di atas, tetap jangan lupa untuk mengeluarkan uang gaji untuk zakat. Kenapa? Karena dengan kamu berzakat, akan memperlancar rezeki kamu.

Gaji 2 juta? Bukan hal yang mustahil untuk Mengatur Uang Bulanan dengan Gaji 2 Juta. Mari kita lebih bijak dalam menggunakan uang yang susah payah kita dapatkan.